Oktober 13, 2013

THAYEB LOH ANGEN : 2014 KEMAH SENIMAN ACEH DILANJUTKAN

Kita Akan Beraudiensi Dengan Berbagai Pihak

Ajnn.net / Sabtu, 12 Oktober 2013 8:05 WIB



BANDA ACEH – Kemah Seniman Aceh (KSA) berencana dilangsungkan kembali di Taman Budaya Aceh (TBA) pada 2014 atau 2015, sebagaimana pernah dibuat pada tahun 1990, 1992, 1993. KSA bertujuan menyatukan kembali para seniman di Aceh dan mengembalikan ruh seni di tanah Hamzah Fansuri ini.

Demikian kata Thayeb Loh Angen, dalam sebuah diskusi di Banda Aceh. Melanjutkan kemah seni yang pernah dibuat dua puluhan tahun lalu tersebut terinspirasi dari Acara In Memiriam Maskirbi di Taman Budaya, kemarin 9 Oktober 2013.

“Saat membuat acara Kemah Sastra Hamzah Fansuri dengan Zulfadli Kawom dan rekan-rekan lain, Apa Kaoy menawarkan kita buat lagi Kemah Seniman Aceh. Saya tidak tanggapi karena tidak tahu apa itu KSA dan apa gunanya. Baru setelah im memoriam Maskirbi kemarin, saya takjub betapa kompaknya para seniman senior. Ini membangkitkan semangat saya yang ingin seniman bersatu dan seni di Aceh maju,” kata Thayeb dalam diskusi yang dihadiri MY Bombang atau Apa Kaoy, Rahmad Sanjaya, dan Salman Yoga S.

Aktivis kebudayaan di Pusat Kebudayaan Aceh-Turki (PuKAT) ini mengaku, baru dalam diskusi tadi ia tahu dulu KSA dulu dibuat di TBA. Hal tersebut, kata dia, membuatnya mengerti mengapa para seniman generasi di atasnya memiliki kerinduan besar saat disebut TBA.

“Ini membangkitkan semangat saya untuk mengajak para seniman melaksanakan lagi KSA. Selain dengan Apa Kaoy, saya sudah membicarakan ini dengan penggeraka KSA dulu, yaitu Doel CP Alisah, MY Bombang, dan Din Saja, penggeraka lainnya kan kami hubungi kemudian,” kata penulis novel Teuntra Atom yang novel keduanya ‘Aceh 2025’ dalam proses penerbitan.

Kata dia, berdiskusi dengan para penggerak dahulu adalah upaya untuk memahami format KSA yang benar. Setelahnya, akan disesuaikan dengan kebutuhan zaman ini. Menurut Thayeb, melanjutkan KSA yang dulu pernah menumental akan membuat acara memiliki nilai historis dan memiliki gema yang lebih besar. Bila pun orang sekarang tak lagikan lagi di suatu masa, kata dia, orang lain akan melanjutkannya ke depan.

“Setelah kita rembuk dengan penggerak KSA yang digagas Hasyim KS, kita akan beraudiensi dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta supaya KSA IV dapat terlaksana. Setelah hari raya hai, kamia akan menjmpai Bupati Aceh Besar karena KSA IV kita buat di wilayah tersebut,” kata Thayeb yang merupakan juru propaganda kebudayaan.

| MIRZA



Tidak ada komentar:

Powered By Blogger